Kamera CCTV

Kalau maling artikel disini Akan ku lacak semua Addons Domain dalam IP kamu dan ku bajak ulang di web lend!r. sama2 ngerti sama2 faham jangan saling maling bos..

Kamera CCTV

Kamera CCTV menjadi salah satu alat keamanan yang cukup banyak digunakan, baik di tempat umum maupun rumah pribadi. Kamera pengawas CCTV merupakan Sistem keamanan pada dasarnya yang memungkinkan Anda untuk mengawasi aset dan properti Anda walaupun anda sedang tidak ditempat. Manfaat CCTV yaitu memberikan perlindungan terhadap kemungkinan ancaman pencurian, meningkatkan produktivitas karyawan, juga memungkinkan Anda untuk memantau kegiatan bisnis sehari-hari.

Kamera CCTV saat ini merupakan sistem keamanan yang dapat terintegrasikan dengan televisi, komputer, laptop, smartphone dan tablet. Memilih sistem CCTV yang tepat akan tergantung pada apa yang Anda ingin pantau dan awasi. Untuk pengawasan rumah atau bisnis biasanya membutuhkan CCTV kamera, alat penghubung serta media penyimpan rekaman video. Pengguna dapat memantau tangkapan kamera melalui TV, komputer, laptop, smartphone atau menyimpan ke perangkat digital yang biasa disebut Digital Video Recorder (DVR).

Ada berbagai jenis kamera CCTV. Secara umum cctv adalah kamera yang dapat menghasilkan gambar atau rekaman untuk keperluan pengawasan di tempat umum, seperti di supermarket, sekolah, kantor, pabrik, gudang, dan bahkan di rumah anda. Karena kinerja pengolahan gambar yang handal, CCTV Camera dapat juga digunakan di bank dan sistem transportasi yang memerlukan definisi gambar yang tinggi.

Meskipun memiliki beragam ukuran, kualitas gambar, bidang pandang, dan rentang gerak, seumua kamera CCTV melakukan satu fungsi dasar yaitu memberikan gambaran tentang apa yang terjadi dalam bidang pandangnya. Kamera akan menampilkan aksi langsung secara real time atau merekam semuanya untuk dilihat kemudian. Beberapa sistem kamera bahkan dapat diatur oleh penggunannya untuk memantau dan mengendalikan kamera keamanan mereka secara online.

Kamera CCTV dapat menghasilkan gambar atau rekaman untuk berbagai kebutuhan seperti pengawasan dan keamanan suatu lokasi. Pemantauan Kamera CCTV dapat berupa kamera video, atau kamera digital. Kamera video bekerja dengan mengirimkan data ke DVR lalu ditampilkan ke Monitor dan menyimpannya kedalam memory penyimpanan seperti Harddisk.

Kamera CCTV Analog dan IP Camera

Prinsip utama kamera cctv analog dan ip camera tersebut sebenarnya sama, yakni merekam video yang kemudian dikirimkan ke sebuah perangkat lalu ditampilkan di monitor. Namun, ada banyak perbedaan cara kerja dan fitur yang dimiliki masing-masing kamera.

CCTV Analog

Closed-Circuit Television atau biasa disingkat CCTV mengandalkan sinyal analog. Sinyal analog digunakan untuk mentransmisi video dari satu kamera atau lebih ke perangkat penerima (receiver).

Kamera analog merekam gambar, lalu mengirim gambar tersebut melalui kabel coaxial ke Digital Video Recorder (DVR). DVR kemudian mengubah video dari sinyal analog ke sinyal digital, memadatkan data, dan menyimpannya dalam hard drive.

Monitor, yang digunakan untuk menampilkan hasil rekaman, harus tersambung dengan DVR.
DVR bisa juga terkoneksi ke router dan modem untuk menampilkan video melalui internet dalam jaringan internal.

Secara biaya, CCTV analog bisa lebih murah daripada IP camera. DVR juga lebih mudah dipasang dan bandwidth yang dibutuhkan juga lebih rendah.

Sebab, transmisi video dilakukan menggunakan DVR dan kabel coaxial, bukan LAN. Tapi, karena itu pula, CCTV analog membutuhkan banyak kabel, apalagi jika kamera yang dipasang berjumlah banyak.

Kualitas gambar yang dihasilkan CCTV analog juga lebih rendah. Resolusinya hanya 720×575.
Konsekuensinya, detail video akan susah dilihat karena buram atau blur.

Selain itu, CCTV analog juga tidak memiliki kemampuan digital zoom. Hal ini patut dipertimbangkan sebelum memasang, sebab detail yang kurang jelas akan menyulitkan proses identifikasi.

Sudut pandang CCTV analog kebanyakan juga terbatas, sehingga perlu jumlah kamera yang lebih banyak apabila wilayah yang ingin diawasi cukup luas. Dengan keterbatasan bidang pandang ini pula, penempatan kamera CCTV analog harus lebih cermat.

Selain itu, DVR juga memiliki port yang terbatas. Apabila kamera yang dipasang lebih banyak, DVR yang dibutuhkan juga bisa lebih dari satu. CCTV analog juga tidak bisa dienkripsi sehingga videonya bisa saja disadap pihak lain.

IP Camera

Berbeda dengan CCTV analog, IP camera mengandalkan koneksi internet untuk mengirim gambar tangkapannya. Namanya sendiri merupakan singkatan dari "Internet Protocol camera".

IP camera tidak memerlukan DVR sebagaimana CCTV. Sebagai gantinya, IP camera membutuhkan perangkat bernama switch yang disambungkan ke network video recording (NVR),

Di NVR terdapat  program software yang merekam video, mengubahnya menjadi format digital, lalu menyimpannya ke dalam perangkat penyimpanan, seperti hard disk.

Berbeda dengan CCTV analog yang hanya bisa ditampilkan ke monitor yang berbasis sinyal analog pula, IP camera bisa diakses melalui perangkat yang tersambung ke internet seperti smartphone atau laptop.

Rekaman video bisa diakses dengan mengunduh software khusus. Resolusi gambar yang dihasilkan IP camera bisa jauh lebih tinggi ketimbang CCTV analog, mencapai Full HD (1080p) atau bahkan 4K.

Pengguna bisa mengatur resolusi video hingga resolusi terendah, misalnya 720x480, serupa CCTV analog, untuk menghemat bandwidth.

Satu IP camera memiliki cakupan bidang pandang yang relatif lebih luas dibanding CCTV analog. Dengan demikian, tidak perlu banyak memasang kamera di area yang cukup luas.

Dikarenakan tidak menggunakan kabel sebagaimana CCTV analog, IP camera menjadi lebih ringkas. Pengguna hanya membutuhkan satu kabel LAN Cat 5 atau 6. Namun saat ini, ada pula IP camera wireless atau nirkabel.

Poin plus lain dari IP camera adalah rekaman videonya dilindungi oleh enkripsi, sehingga lebih aman ketimbang CCTV analog.  Namun, bukan berarti IP camera 100 persen aman dari intipan pihak lain, karena bisa saja diretas oleh hacker.

Untuk mencegah hal ini, pemilik perlu menerapkan langkah sekuriti seperti melindungi jaringan Wi-Fi yang tersambung ke IP camera dengan pengamanan WPA2, berikut password yang sulit ditebak.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memasang IP camera. Terutama ketersediaan jaringan internet dengan bandwidth yang cukup besar. Apabila belum memiliki jaringan internet, ongkos instalasi IP camera bisa jadi akan lebih mahal di awal.

Selain itu, dibutuhkan perangkat penyimpanan dengan kapasitas lebih besar mengingat resolusi videonya bisa cukup tinggi jadi lebih membutuhkan space hard disk yang lebih besar.

Dome Camera

Dome camera adalah pilihan pengawasan keamanan yang paling populer karena desain yang modis, mudah di instal di mana saja serta mudah berbaur dengan lingkungan sekitarnya.

Kamera CCTV Dome

Kamera CCTV Dome diberi nama demikian karena bentuknya yang mirip dengan dome (kubah). Jenis kamera CCTV ini umum digunakan dalam sistem pemantauan keamanan bisnis seperti pada kantor, restoran serta toko karena desain yang mudah berbaur dengan lingkungan sekitarnya. Bila hanya melihat dari bentuknya saja akan sulit bagi orang untuk membedakan arah lensa kamera. Tipe dome camera CCTV adalah pilihan terbaik untuk pemantauan keamanan karena mudah di pasang di mana saja.

Jenis kamera CCTV dome tipe kubah ini tersedia dengan berbagai fitur terbaru seperti kualitas gambar HD (High Definition), kamera inframerah untuk pengawasan di tempat gelap, wide dynamic range (WDR), hingga jenis dome camera CCTV yang vandalproof (tahan perusakan). Keuntungan tipe dome camera CCTV adalah anda tidak perlu lagi membeli bracket atau lensa tambahan. Tipe kamera kubah merupakan pilihan pengawasan keamanan yang terjangkau untuk rumah maupun bisnis.

Dome Kamera Indoor

CCTV Kamera Online menawarkan berbagai pilihan dome kamera indoor untuk keperluan pemantauan indoor. Dome kamera indoor tersedia dengan berbagai fitur seperti high-definition, day/night, dan infrared night vision. Dome Kamera Indoor umumnya hanya digunakan dalam ruangan tertutup saja, karena tidak tahan terhadap cuaca. Kebanyakan kamera CCTV Dome Indoor memiliki housing berbahan plastik. Lensa CCTV yang digunakan biasanya berukuran 3.6mm yang dirancang untuk ditempatkan pada sudut ruangan berukuran kecil hingga sedang agar kamera dapat mengawasi seluruh ruangan.

Bila memiliki fitur day/night, maka sensor pada kamera akan mampu mendeteksi tingkat cahaya dalam ruangan tersebut. Ketika cahaya berada di minim, maka mode night (penglihatan malam hari) akan aktif. Tampilan tangkapan kamera akan berubah dari berwarna ke hitam dan putih dan LED Inframerah akan menyala. Dome camera yang dirancang dengan fitur “Smart IR” akan menyesuaikan intensitas pencahayaan infrared berdasarkan jarak objek apakah mendekat atau menjauh dari kamera.

Instalasi jenis dome kamera indoor sangat mudah dan dapat terhubung ke berbagai tipe DVR, DVD Recorder, TV, Capture Card, dan lain-lain. Yang harus Anda lakukan adalah menggunakan adaptor dan menyambungkan kabel BNC ke media perekam anda. Sebelum memilih kamera CCTV dome, Anda harus menentukan kebutuhan dan budget anda. Jika Anda membutuhkan pengawasan CCTV di malam hari atau di ruangan yang agak gelap, maka anda harus memilih dome camera infrared. Jika lokasi Anda rentan terhadap vandalisme (perusakan), Anda dapat memilih tipe dome camera vandalproof series.

Kamera CCTV Dome Inframerah

Jenis kamera CCTV inframerah memiliki kemampuan untuk menangkap gambar video dalam kondisi cahaya minim, hingga pada kondisi Lux = 0 atautidak ada cahaya sama sekali. Tipe kamera inframerah disebut juga sebagai kamera IR (Infrared) atau “Night Vision Camera“. Dome Kamera inframerah memiliki LED IR yang ditempatkan di bagian luar lensa sehingga memberikan kamera kemampuan melihat di malam hari. Kamera inframerah memungkinkan untuk menangkap video dalam kegelapan dengan menggunakan cahaya inframerah untuk mengganti cahaya tampak.

Kamera CCTV Dome Infrared dapat beroperasi di hampir semua kondisi pencahayaan, dari siang hari yang cerah (asalkan tidak mengarah langsung ke arah matahari) hingga kegelapan malam. Kamera ini sangat sensitif terhadap cahaya dan karena dapat menggunakan sedikit cahaya untuk memberikan gambar apa sedang dilihatnya. Dalam kondisi cahaya rendah, gambar yang dihasilkan berupa hitam dan putih. Dalam kondisi gelap gulita atau pekat total, kamera menggunakan LED inframerah built-in untuk menerangi area di depannya. Lampu ini tidak terlihat oleh mata manusia, meskipun demikian Anda mungkin melihat cahaya merah samar yang datang dari depan kamera.

Pada siang hari atau pada lingkungan yang cukup terang, fitur IR Cut Filter pada kamera akan aktif untuk menyaring panjang gelombang cahaya yang tidak diperlukan kamera untuk memberikan gambar warna yang lebih jelas.

Kelebihan Dome Kamera Inframerah

  • Kelebihan dome kamera inframerah adalah dapat menangkap video walaupun dalam kegelapan total dan dapat menangkap kualitas video yang lebih baik dalam kondisi cahaya rendah. Sejumlah cahaya yang berada di sekitar lokasi juga akan membantu kemampuan penglihatan kamera IR pada malam hari. Selain itu Keunggulan kamera inframerah mampu memberikan gambar yang cukup jelas dalam kondisi lux rendah atau tidak ada cahaya sama sekali.
  • Pada kondisi cahaya yang rendah, sebuah kamera inframerah akan mampu menerangi lokasi dengan secara otomatis beralih dari mode warna ke hitam putih. Iluminator inframerah akan hidup pada kondisi gelap dan memungkinkan Anda untuk melihat lingkungan sekitar lebih jelas dibandingkan dengan melihat dengan mata manusia biasa.
  • Bisa digunakan sebagai kamera indoor maupun luar ruangan, kamera cctv dome infrared memberikan keuntungan yang sangat besar dalam cahaya rendah atau tidak ada cahaya.
  • Dome Kamera infrared indoor menawarkan gambar video yang jelas baik dalam kondisi terang maupun gelap.
  • Kamera CCTV dome inframerah biasanya di rumah-rumah dan bisnis yang mematikan lampu mereka pada malam hari atau untuk memantau kondisi lingkungan pada malam hari. Fitur lain kamera infrared yaitu memiliki kemampuan untuk beralih dari mode infrared (yang menangkap gambar hitam putih) ke mode warna non-inframerah dengan cepat.

Kamera CCTV Dome Vandalproof

Kamera dome vandalproof adalah dome kamera CCTV dengan casing yang sangat kuat sehingga cocok digunakan didaerah yang rawan aksi vandalisme. Keuntungan tipe CCTV ini adalah ia akan dapat terus beroperasi walaupun seseorang berusaha untuk merusaknya karena housing CCTV yang tangguh dan tidak mudah pecah. Selain itu, lapisan pelindung tebal dari kaca atau plastik pada bagian depan lensa akan melindungi lensa kamera. Dengan demikian akan menjamin kamera tetap berfungsi pada suatu aksi perusakan.

Vandalproof camera umumnya terbuat dari bahan logam padat dengan penutup lensa dari plastik poli karbonat yang anti pecah. Kamera ini biasanya digunakan di daerah-daerah yang rentan terhadap vandalisme atau gangguan perusakan. Setelah kamera ini dipasang dengan benar maka ia akan sangat sulit untuk dirusak karena benar-benar tertutup dan biasanya membutuhkan alat khusus untuk membuka penutup kubah.

Kabel CCTV di masukkan ke dalam dinding sehingga sulit bagi pelaku untuk memotong kabel atau menariknya keluar. Kaca pelindung lensa dome kamera vandalproof juga dirancang untuk tahan terhadap pewarna seperti spidol atau cat. Bila seseorang mencoba untuk menempelkan sesuatu di atas penutup tersebut maka pengawas akan segera mengetahui aksi kejahatan yang sedang berlangsung. Rekaman pada DVR akan memungkinkan anda untuk melihat gambar sebelum pelaku berhasil menutupnya.

Keunggulan Kamera Dome Vandalproof

  • Kelebihan utama kamera cctv dome vandalproof adalah ia dapat bertindak sebagai pencegah aksi kejahatan dan mengurangi tingkat kriminalitas di lokasi yang rawan. Dengan beberapa kamera vandalproof akan mustahil bagi seseorang untuk melakukan kegiatan kriminal tanpa tertangkap kamera. Bisa digunakan untuk pengawasan keamanan dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor). Kamera vandalproof outdoor juga tahan cuaca sehingga dapat digunakan sebagai pengawasan keamanan di luar ruangan seperti taman, tempat parkir, pabrik dan sebagainya.
  • Memiliki berbagai fitur seperti day / night, high-definition, night vision infrared, mini-dome, wide dynamic range (WDR), dan weatherproof
  • Anda tidak perlu membeli mounting bracket atau lensa tambahan
  • Hemat biaya dan serbaguna untuk melindungi rumah atau bisnis anda
  • Kamera CCTV dome outdoor dengan rating IP66 bisa mencegah partikel-partikel kecil seperti kotoran dan debu dan dapat menahan kondisi cuaca yang ekstrim

Kamera CCTV Dome Pan Tilt Zoom (PTZ)

Kamera pan tilt tipe dome adalah jenis kamera CCTV yang mampu menyediakan gambar resolusi tinggi dengan teknologi keamanan terbaru yang ideal untuk aplikasi apapun. Kamera Pan Tilt Zoom (PTZ) populer karena kemampuannya menggerakan arah lensa kamera ke mana saja. Dengan perangkat tambahan seperti joystick akan memudahkan kontrol kamera. Arti Pan Tilt Zoom adalah lensa kamera mampu digerakkan secara horisontal (pan), vertikal (tilt), serta fokus lensa dapat diubah menjadi lebih dekat atau menjauh (zoom).

Keunggulan Kamera Dome Pan Tilt

PTZ Camera juga dapat dikontrol melalui DVR, software remote viewing, dan joystick. Dengan fitur zoomnya anda dapat melihat nomor polisi kendaraan atau memperbesar wajah seseorang dari jauh. Anda juga dapat mensetting untuk melakukan pantauan pada daerah tertentu saja. Bandara, stasiun, terminal, dan supermarket sangat cocok menggunakan dome camera PTZ ini. PTZ Camera memerlukan kabel tambahan untuk mengatur pergerakannya yaitu Kabel CAT5 dan kabel RG-59 coaksial untuk mengontrolnya secara langsung melalui internet.


IP Camera

IP camera adalah jenis kamera CCTV yang dapat mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer dan internet.

Pengertian IP Camera

IP camera adalah jenis kamera video digital yang biasa digunakan untuk pemantauan keamanan dan dapat mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer dan internet. Walaupun webcam juga dapat melakukan hal ini namun istilah ”IP Camera” atau “Network Kamera” biasanya hanya digunakan untuk sistem pengawasan keamanan. IP Kamera pertama digunakan pertama kali pada tahun 1996.

Kelebihan IP Camera

  1. Keuntungan IP camera adalah tidak memerlukan biaya banyak. Perangkat kamera berukuran kecil ini dapat terhubung secara nirkabel ke router Wi-Fi Anda dan menawarkan perlindungan sebagai pencegah, serta sebagai bukti bila terjadi aksi kriminal. Anda cukup menginstal, menghubungkan dan ia akan langsung bekerja.
  2. IP Camera terbaru akan mampu menangkap gambar sesuatu yang bergerak di depan mereka dan mengirimkan notifikasi ke email Anda. Ia juga dapat diatur untuk menangkap video. Ketika pencuri menyadari dia tertangkap kamera, hal itu sudah terlambat karena gambar sudah diemail sehingga tidak ada gunanya mematikannya. Anda juga dapat menggunakan stiker pertanda adanya CCTV sebagai peringatan.
  3. Terbaik dari semua, kelebihan IP Camera lainnya adalah Anda dapat remote login langsung ke kamera secara live melalui internet menggunakan aplikasi yang di disediakan produsen. Anda bisa menempatkan di pintu depan, belakang rumah dan satu di dalam rumah saat bekerja atau pergi berlibur.

Macam-Macam IP Camera

  • IP camera terpusat. Jenis IP Camera ini memerlukan pusat Network Video Recorder (NVR) untuk merekam video dan manajemen alarm.
  • IP camera desentralisasi. Jenis IP kamera CCTV ini tidak memerlukan pusat NVR karena kamera telah memiliki fungsi perekam built-in sehingga dapat merekam langsung ke media penyimpanan seperti SD card, NAS (Network Attached Atorage), komputer atau server.

Latar Belakang dan Sejarah IP Camera

Kamera IP terpusat pertama dirilis pada tahun 1996 oleh Axis Communications dan dikembangkan oleh Martin Gren dan Carl-Axel Alm. IP Camera tersebut diberi nama Axis NetEye 200 dengan menggunakan web server kustom internal pada kamera. Pada akhir tahun 1999, Linux mulai digunakkan untuk mengoperasikan IP kamera tersebut. Axis juga merilis dokumentasi API tingkat rendah yang disebut “VAPIX”, yang dibangun pada HTTP standar terbuka dan RTSP. Arsitektur terbuka ini dimaksudkan untuk mendorong produsen perangkat lunak pihak ketiga untuk mengembangkan software manajemen untuk merekam yang kompatibel.

IP Camera desentralisasi pertama dirilis pada tahun 1999 oleh Mobotix dengan menggunakan sistem Linux. Sistem kamera ini tidak memerlukan lisensi software untuk mengatur perekaman video dan alarm. Kamera IP pertama dengan analisis konten video onboard (VCA) dirilis pada tahun 2005 oleh Intellio. Kamera CCTV ini mampu mendeteksi banyak event yang berbeda, seperti jika sesuatu barang dicuri, seseorang memasuki zona tertentu, atau sebuah mobil yang bergerak ke arah yang berlawanan. Kamera IP tersedia dari resolusi 0,3 (VGA) hingga 29 megapiksel. Saat ini telah banyak digunakan IP kamera dengan resolusi video HD (high-definition) 720p dan 1080i dengan format widescreen 16 : 9.

Kamera CCTV Analog menggunakan format siaran televisi seperti Common Intermediate Format (CIF), NTSC, PAL, dan SECAM. Setiap kamera IP dapat memiliki fitur dan fungsi, skema encoding video kompresi, protokol jaringan yang tersedia, dan API yang berbeda. Untuk mengatasi masalah standarisasi IP kamera ini dibentuklah dua institusi yaitu ONVIF dan PSIA. Psia didirikan oleh 20 anggota perusahaan seperti Honeywell, GE dan Cisco. Sedangkan ONVIF didirikan oleh Axis Communications, Bosch dan Sony.


Weatherproof Camera

Kamera CCTV weatherproof dirancang untuk mencegah masuknya air dari hujan, salju, dan kabut serta partikel kecil lain seperti kotoran dan debu yang dapat merusak internal komponen kamera.

Bagaimana Kamera CCTV Bekerja?

Selain untuk membantu menangkap pencuri, CCTV juga bisa membantu menghentikan calon penjahat yang akan masuk ke suatu properti. Kamera bekerja sebagai pencegah ketika calon pencuri yang melihat keberadaan CCTV kemudian memutuskan untuk tidak masuk ke rumah Anda karena takut dengan risiko tertangkap. Dengan pemikiran tersebut, membuat kamera pengintai terlihat jelas di properti Anda adalah ide yang baik.

Selain itu anda juga mungkin memerlukan beberapa kamera tersembunyi karena pencuri yang berpenglaman mungkin akan mencoba untuk menutup pandangan kamera atau merusak kamera yang mereka lihat. Untuk membantu menentukan kombinasi jenis kamera CCTV terbaik untuk kebutuhan Anda, berkonsultasilah dengan pakar keamanan dari salah satu perusahaan CCTV yang ada dikota anda.

Surveillance Camera vs Security Camera

Meskipun istilah tersebut tampaknya memiliki arti yang sama, ada sedikit perbedaan diantara keduaanya. Bedanya adalah apakah kamera tersebut bersifat pasif atau aktif. Surveillance Camera bersifat pasif. Ia akan mengamati dan merekam apapun yang terjadi di bidang pandang mereka. Sedangkan Security Camera bersifat aktif. Ia akan mengingatkan user atas kejadian tak terduga dalam bidang pandang mereka.

Perbedaan ini bisa berpengaruh besar tergantung pada situasi tertentu. Misalnya jika kamera pengawas hanya bisa mengirimkan video ke monitor yang bisa dilihat oleh penjaga keamanan, maka fungsi sebagai kamera keamanan akan bergantung dari respon sang user. Bila sang penjaga kebetulan sedang lengah maka tindakan pencegahan dan penanganan akan sulit dilakukan. Sedangkan kebanyakan Security Camera modern sudah memiliki kemampuan untuk mendeteksi gerakan dan mengirim notifikasi ke pemilik atau pihak berwenang melalui sms, email hingga bunyi sirine.


Melayani Jasa Pemasangan CCTV
ERNESIA CCTV
WhatsApp 1: 082300000186
WhatsApp 2: 085600000186
Call Center: 087777999916
ernesiacctv@gmail.com
sales@vendorcctv.com
Proposal Penawaran Kamera CCTV

Hubungi via WhatsApp Klik Disini